Turki Ganti Nama Jadi Turkiye, Buntut Perbedaan Turkey ‘Ayam Kalkun’

Turki Ganti Nama Jadi Turkiye, Buntut Perbedaan Turkey ‘Ayam Kalkun’

Menteri Luar Negeri Turki telah mengirimkan surat kepada PBB di mana meminta agar nama negara tersebut diganti menjadi Turkiye sebab nama yang sekarang seringkali disamakan oleh turkey atau dikenal sebagai ayam kalkun.

Menurut informasi dari televisi pemerintah, Menlu Turki yakni Mevlut Cavusoglu telah mengirimkan surat resmi terhadap PBB. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Melalui bahasa Inggris, nama resmi negara ini merupakan Turkey, nama serupa layaknya untuk sebutan ayam kalkun dan juga kadang untuk istilah konyol serta negatif di mana berkenaan dengan kata tersebut dalam bahasa Inggris.

Jangan Kaget! Erdogan Bakal Ganti Nama Resmi Turki Jadi Ini

Penggantian nama dilihat sebagai salah satu upaya dalam mengubah citra negara tersebut dan tidak lagi dikaitkan dengan artian ayam kalkun di mana paling terkenal di Amerika Serikat menjadi menu tradisional Thanksgiving Day pada akhir November.

Kantor berita Turki menyampaikan bahwa Stephane Dujarric, juru bicara Sekjen PBB yakni Antonio Guterres, mengukuhkan bahwa pihaknya sendiri sudah menerima surat permohonan tersebut sejak Rabu waktu New York.

Kantor berita tersebut mengutip langsung perkataan Dujarric bahwa perubahan nama menjadi efektif di saat surat diterima langsung oleh PBB.

Pemerintahan Presiden yakni Recep Tayyip Erdogan juga sudah sempat mendesak agar secara internasional negara tersebut berubah nama Turkey menjadi Turkiye, layaknya seperti ejaan dalam bahasa Turki.

Negara tersebut sebenarnya sempat menyebut dirinya sendiri sebagai Turkiye sejak tahun 1923 pasca menyatakan kemerdekaan.

Bulan Desember lalu, Presiden Ergodan diketahui telah memerintahkan penggunaan nama Turkiye guna dapat penampilan budaya serta nilai-nilai Turki, termasuk dengan label “Made in Turkiye” menggantikan “Made in Turkey” melalui produk ekspor.

Sejumlah kementerian di Turki juga sudah mulai menggunakan nama Turkiye melalui dokumen resmi.

Pada awal tahun ini, pemerintah sempat mengeluarkan video promosi sebagai salah satu dari usaha mengganti nama ke dalam bahasa Inggris. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Berdasarkan video tersebut, para turis dari mancanegara sempat menyampaikan salam “Hello Turkiye” di sejumlah destinasi wisata utama.

Direktorat Komunikasi Kantor Kepresidenan Turki juga diketahui telah meluncurkan kampanye ‘dalam rangka mempromosikan lebih efektif penggunaan Turkiye sebagai bagian dari nama negara secara internasional di berbagai platform‘.

Masih belum jelas terkait apakah nama baru ini, dengan huruf yang tidak ada di dalam abjad bahasa Inggris akan menjadi populer bagi di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.