Tampak Makin Panas, AL China Gelar Latihan Baru di Laut China Selatan

Tampak Makin Panas, AL China Gelar Latihan Baru di Laut China Selatan

China akan mengadakan latihan angkatan laut terbaru yang berlangsung di Laut China Selatan pada Sabtu, 28 Mei 2022. Sejumlah pihak khawatir terkait adanya latihan militer ini dipercaya akan meningkatkan ketegangan di perairan yang bersengketa tersebut.

Latihan itu rencananya berlangsung setidaknya kurang dari 25 kilometer (15,5 mil) di lepas pantai provinsi Hainan, tepatnya China selatan. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Latihan militer akan diadakan dan memasuki wilayah itu dilarang,” kata administrasi Keselamatan Maritim China melansir AFP dan CNN, pada Kamis, 26 Mei 2022.

China gelar latihan militer di Laut China Selatan

Administrasi Keselamatan Maritim China telah memperingatkan bahwa area seluas sekitar 100 kilometer persegi dilaporkan akan ditutup guna kegiatan lalu lintas maritim selama lima jam latihan berlangsung.

China sendiri secara rutin melakukan latihan serupa di wilayah perairan dekat pantainya serta beberapa latihan lainnya untuk di sepanjang garis pantai timur negara tersebut.

Latihan militer ini dilakukan oleh China jelang sepekan usai Amerika Serikat dan sekutu menuduh bahwa China terus memperluas ekspansi militernya terhadap Asia Pasifik.

Laut China Selatan (LCS) sendiri menjadi bagian dari satu perairan strategis yang paling diperebutkan oleh China dan beberapa negara di ASEAN.

Laut China Selatan dipandang sebagai salah satu perairan dengan sumber daya alam dan hasil laut yang begitu melimpah. Nilai komoditas dari perairan ini disebut dapat mencapai triliunan dolar. Hal tersebutlah yang kerap dapat memicu sengketa panas terhadap LCS bagi sejumlah negara kawasan.

Bikin Makin Panas, AL China Gelar Latihan Baru di Laut China Selatan

Laut Cina Selatan terdiri dari gugusan kepulauan di mana sebagian besar merupakan pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Setidaknya terdapat enam negara yang tengah memperebutkan Laut China Selatan, layaknya seperti China, Filipina, Taiwan, Brunei Darussalam, Malaysia, hingga Vietnam.

Kawasan ini bergolak terhitung sejak China mengklaim sepihak bahwa 90 persen dari wilayah Laut China Selatan sebagai bagian atas teritorialnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.