Sindrom Ramsay Hunt: Penyakit Langka Pemicu Lumpuh Wajah Justin Bieber

Sindrom Ramsay Hunt: Penyakit Langka Pemicu Lumpuh Wajah Justin Bieber

Justin Bieber melaporkan bahwa dirinya tengah menderita kelumpuhan pada sebagian wajahnya di mana disebabkan oleh Sindrom Ramsay Hunt. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Karena masalah itu, penyanyi pop berusia 28 tahun belakangan ini mengumumkan bahwa dia akan menghentikan Justice World Tour-nya, beberapa jam terhitung sebelum konser pertamanya yang telah dijadwalkan di Toronto.

“Seperti yang Anda lihat, mataku ini tidak berkedip. Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya, lubang hidung ini tidak akan bergerak,” jelas Bieber dalam sebuah video melansir AFP, pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome yang Buat Wajah Justin Bieber Lumpuh Setengah?  Ini Gejala, dan Pengobatannya - Banten Raya

“Jadi, ada kelumpuhan total di sisi wajah saya. Jadi bagi mereka yang frustasi dengan pembatalan pertunjukan saya berikutnya, saya hanya secara fisik, jelas, tidak mampu melakukannya. Ini cukup serius, seperti yang Anda lihat,” tambahnya.

Melansir dari sejumlah sumber, sindrom Ramsay Hunt sendiri merupakan kondisi neurologis yang disebabkan oleh virus varisela-zoster (VZZ), virus yang sama di mana dapat menyebabkan cacar air terhadap anak-anak maupun herpes zoster pada orang dewasa.

Virus ini dipercaya dapat bertahan di tubuh penderita selama seumur hidup, bahkan pasca Anda dinyatakan sembuh dari cacar air, dan bangkit kembali guna dapat mengiritasi dan mengakibatkan infeksi saraf di wajah Anda.

Sindrom Ramsay Hunt adalah komplikasi infeksi laten VVZ yang diketahui jarang terjadi. Sindrom Ramsay Hunt diperkirakan berlangsung sekitar 16 persen dari seluruh kasus paresis fasial unilateral di mana terjadi pada anak serta 18 persen pada dewasa.

Penyakit ini bisa menjangkiti pria dan wanita serta dapat mengakibatkan kelumpuhan terhadap salah satu sisi wajah bersamaan dengan munculnya ruam yang terbilang akan dapat menyakitkan.

Sindrom Ramsay Hunt diketahui sulit untuk ditelusuri dan penyakitnya dapat mempunyai gejala yang mirip dengan Bell’s palsy, yang juga bisa dalam menyebabkan kelumpuhan pada wajah.

“Dokter biasanya mendiagnosis sindrom Ramsay Hunt dengan mengidentifikasi lepuh kecil yang muncul di telinga pasien,” ujar dr. Wald melansir New York Times, pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Tatkala itu, penderita dari Sindrom Ramsay Hunt kerap kali mengalami gangguan pendengaran, layaknya seperti merasakan tinitus (dengung pada telinga) maupun kehilangan pendengaran pada satu sisi telinga.

Nyeri telinga dan wajah biasanya salah satu bagian dari sindrom ini, dan sejumlah pasien mungkin akan menderita vertigo.

Justin Bieber Minta Fans Mengerti Kondisi Kelumpuhannya Usai Setop Konser  Justice World | Indozone.id

Perlu waktu yang terbilang cukup lama terhadap penderita sindrom ini guna dapat menerima diagnosis yang akurat, berdasarkan pendapat para peneliti. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Kebanyakan orang yang memiliki Ramsay Hunt sembuh total, meskipun durasi penyakitnya dapat bervariasi,” seperti dijelaskan oleh dr. Michael Ison, profesor penyakit infeksius di Northwestern Feinberg School of Medicine melansir NY Times.

“Beberapa orang, butuh berminggu-minggu, berbulan-bulan,” katanya. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, seperti kelumpuhan wajah atau gangguan pendengaran bisa bersifat permanen.

Perawatan untuk Ramsay Hunt sendiri biasanya melibatkan penggunaan obat anti-virus maupun resep steroid hingga terapi fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.