Serang Bandara Kenyam Nduga, OPM Klaim Tembak 2 Pesawat TNI-Polri

Serang Bandara Kenyam Nduga, OPM Klaim Tembak 2 Pesawat TNI-Polri

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim bahwa menembak dua pesawat komersial yang sedang berada di Bandara Kenyam, tepatnya di Kabupaten Nduga, Papua pada Senin, 28 Maret 2022. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Serangan tersebut dilakukan pasca kelompok dari milisi pejuang kemerdekaan Papua ini menembak mati dua prajurit TNI yang diketahui sedang bertugas di pos militer Satgas Mupe Yonif Marinir-33 dalam beberapa hari lalu.

OPM mengklaim menembak dua pesawat komersial yang berada di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Senin (28/3).

“Telah berhasil dalam menembak dua pesawat komersial yang sedang angkut anggota dari TNI/Polri menuju ke Kenyam,” ucap Juru Bicara TPNPB-OPM yakni Sebby Sambom melansir CNN, pada Senin, 28 Maret 2022.

Menurut Sebby, pesawat itu membawa aparatur negara dimana dari wilayah Wamena maupun Timika yang diketahui menuju Kenyam. Dia kemudian menyampaikan, terkait dengan adanya kontak senjata itu dilakukan langsung oleh Kodap III Ndugama Derakma yang berada di bawah komando Brigjen Egianus Kogeya.

Keterangan lebih lanjut, Sebby mengatakan bahwa pesawat yang terkena delapan peluru yang memiliki nama Trigan Air. Tatkala itu, pesawat lain yang bernama Alda Air menurut informasi terkena empat peluru.

“Penembakan ini langsung terjadi karena sesuai dengan peringatan dari Komnas TPNPB bahwa apabila pesawat sipil apapun yang sedang mengangkut anggota dari TNI/Polri wajib untuk ditembak,” ujar dia.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi yang diberikan langsung oleh pihak TNI maupun Polri terkait adanya insiden penembakan tersebut.

Sebelumnya, TPNPB-OPM atau yang biasa disebut aparat kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang pos dari marinir tepatnya di Kabupaten Nduga pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Wakapendam XVII/Cenderawasih yakni Letkol Inf Candra Kurniawan juga ikut menuturkan bahwa penyerangan itu telah dilakukan oleh sekelompok orang yang diduga merupakan anggota KKB di sore menjelang malam hari. Menurutnya, prajurit yang pada saat itu sedang bertugas di Distrik Kenyam.

Dalam insiden itu, berdasarkan adanya informasi satu orang dari prajurit atas yang memiliki nama Letda Mar Moh Iqbal terkena tembakan di bagian tangan sebelah kanan. Ia pun diketahui langsung meninggal pada hari kontak senjata itu berlangsung.

Kontak Senjata Terjadi di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua -  Tribunnews.com Mobile

Tetapi, pada hari Minggu, 27 Maret 2022 dini hari TNI mengumumkan bahwa menurut informasi terdapat satu lagi korban meninggal dunia yang bernama Pratu Mar Wilson Anderson akibat adanya insiden itu. Ia meninggal pasca sempat mendapat perawatan dari medis.

Untuk keseluruhan, terdapat total enam dari prajurit yang sedang mengalami luka-luka dimana memiliki inisial Serda RF, BP, EES, Pratu ASA, Prada ADP, hingga LH. TPNPB pun mengakui serangan tersebut. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.