Saudi Bakal Terima 1 Juta Jemaah Haji, Kemenag Harap RI Dapat Kuota Maksimal

Saudi Bakal Terima 1 Juta Jemaah Haji, Kemenag Harap RI Dapat Kuota Maksimal

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa akan menerima 1 juta jemaah haji untuk tahun ini. Kementerian Agama (Kemenag) mengaku gembira terkait adanya pengumuman tersebut. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Pemerintah Indonesia tentu saja menyambut baik dan merasa bergembira karena akhirnya hari ini sudah diberikan pernyataan resmi tentang pelaksanaan ibadah haji tahun 1443 H atau tahun 2022 Masehi, dengan jumlah 1 juta orang,” ungkap Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag yakni Hilman Latief melansir detiknews, pada Sabtu, 9 April 2022.

Penyelenggaraan Haji 2022 Belum Dibahas, KJRI Jeddah: Insya Allah Tahun  Depan Bisa Dilaksanakan

Hilman menyampaikan bahwa pihaknya masih menunggu pembagian kuota langsung dari Arab Saudi. Dia berharap bahwa Indonesia akan diberi kuota maksimal sehingga para jemaah yang tertunda dapat segera diberangkatkan.

“Kami dari Kemenag masih harus menunggu informasi lanjutan terkait dengan pembagian kuota, dari pemerintah Saudi Arab terhadap negara-negara muslim untuk jumlah jemaah haji yang bisa dikirimkan,” jelasnya.

“Hingga hari ini belum ada jumlah resmi yang ditentukan pemerintah Saudi Arab per negara Indonesia, Saudi, Pakistan, Malaysia dan lain-lain belum disebutkan berapa kuota masing-masing negara. Kita berharap Indonesia mendapatkan kuota maksimal sehingga kita bisa memberangkatkan jemaah tertunda di tahun ini,” ujarnya Hilman.

Hilman mengatakan terkait dengan pengumuman tersebut membuat pihaknya dapat menentukan langkah yang pasti dalam memberangkatkan jemaah haji. Dia juga mengatakan biaya ibadah haji sendiri akan segera ditentukan.

“Kami harus menentukan segera mungkin mengenai biaya ibadah haji untuk kami usulkan kepada Presiden untuk ditetapkan sehingga jemaah bisa leluasa dan punya waktu untuk melakukan pelunasan-pelunasan dan persiapan lainnya,” tuturnya.

Melansir Arab News dan Reuters, pada Sabtu, 9 April 2022, Kementerian Urusan Haji dan Umrah melalui pernyataan terbaru seperti yang telah dikutip Saudi Press Agency (SPA) sudah mengumumkan bahwa akan menerima 1 juta jemaah haji tahun ini. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Hanya jemaah yang berusia di bawah 65 tahun dan sudah divaksinasi Corona dengan cara lengkap yang bisa dapat menjalankan ibadah haji untuk tahun ini. Jemaah haji yang dari luar Saudi wajib memberikan hasil tes PCR yang negatif, yang akan diambil dalam kurun waktu 72 jam sebelum adanya rencana keberangkatan ke Saudi. Hasil tes PCR negatif ini juga dapat berlaku bagi jemaah haji untuk wilayah Saudi sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.