Salah Ucap Koordinator BEM SI Sebut Bahwa Orba Berikan Kebebasan

Salah Ucap Koordinator BEM SI Sebut Bahwa Orba Berikan Kebebasan

Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yakni Kaharuddin mengaku salah ucap pada saat menyebut Orde Baru memberikan kebebasan terhadap masyarakat. Momen salah ucap terjadi ketika kala itu tengah menjadi pembicara di salah satu televisi swasta. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Pernyataan itu terucap pada saat Kahar membandingkan dengan Orde Lama, Orde Baru dan setelah Reformasi sampai adanya era Presiden Jokowi.

Unggah Demo 11 April Batal, Koordinator BEM SI Ngaku Medsos Dibajak

“Orde Baru kita peroleh kebebasan, kesejahteraan kita punya. Hari ini yang ingin kita tanyakan adalah apakah kita punya kesejahteraan, apakah kita peroleh kebebasan?” ungkap Kahar dalam video yang beredar di media sosial melansir CNN.

Pernyataan tersebut diketahui akhirnya menjadi viral di media sosial. Kahar pun menuai berbagai kritik dari warganet sebab dapat mengeluarkan pernyataan yang tidak berdasarkan dengan fakta. Pasalnya, Orde Baru dulu diketahui kerap memasung kebebasan berpendapat.

Kemudian Kahar memberikan klarifikasi terkait adanya pernyataannya melalui akun Twitter pribadinya, @DinKaharud. Menurutnya, pada saat itu ingin bicara bahwa rakyat mendapat kesejahteraan di masa Orba, tetapi tidak dengan kebebasan.

“Koreksi dari Ketua BEM SI: Orde Baru kita dapat kesejahteraan, tapi tanpa kebebasan dan keadilan. Panjang Nafas Perjuangan,” ujar Kahar.

Tatkala itu, Kahar juga menyebut bahwa di masa Orde Lama masyarakat relatif akan mendapat kebebasan, tetapi tidak dengan kesejahteraan.

Menurut Kahar, reformasi harusnya dapat menjadi sintesa dari adanya dua orde tersebut. Masyarakat semestinya mendapat kebebasan ataupun kesejahteraan pasca reformasi.

“Reformasi harusnya menjadi sintesa dari orde lama dan orde baru, yaitu mendapatkan kesejahteraan dan kebebasan, karena itulah cita-cita dan semangat dari reformasi,” jelas Kahar.

Koordinator Media BEM SI yakni Luthfi Yufrizal menjelaskan itu bukanlah sikap atas BEM SI melainkan murni hasil dari adanya pikiran Kahar. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Itu langsung dari Kahar sendiri yang mengatakan. Jadi terkait dengan yang kemarin itu istilahnya pelajaran buat kita semua. jadi apapun yang ingin sampaikan tidak ada salah-salah data,” pungkas Luthfi, melansir detiknews dan CNN, pada Minggu, 17 April 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.