Pedemo Ditangkap Kala Massa Aksi Tolak DOB Papua Dibubarkan Paksa

Pedemo Ditangkap Kala Massa Aksi Tolak DOB Papua Dibubarkan Paksa

Massa aksi yang diketahui menolak pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Papua di beberapa titik di Jayapura, khususnya Papua, dihalang-halangi dan dibubarkan paksa oleh aparat polisi, pada Jumat, 3 Juni 2022. Aktivis HAM Papua Younes Douw menyebutkan terkait adanya dua orang yang ditangkap polisi.

“Titik aksi SentaniĀ Pos 7 diadang dan dibubarkan paksa. Titik aksi Ekspo, titik aksi P3 juga dibubarkan,” kata Douw melansir CNN. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Titik aksi lingkaran masih bertahan di jalan naik asrama Ninimin. Massa aksi di Abe UncenĀ (Universitas Cenderawasih) bawah dibubarkan. Dan ada massa aksi ditangkap, sementara di Polresta,” imbuhnya.

Demo Tolak DOB, Mahasiswa Papua di Ambon Dibubarkan Polisi | Milenial

Douw pun menyesalkan terkait dengan sikap polisi. Ia mengatakan bahwa polisi semestinya tidak boleh dalam melakukan tindakan represif kala menangani massa demonstrasi.

Apalagi, sambung Douw, aksi yang digelar langsung oleh masyarakat ini merupakan bagian atas kebebasan berpendapat yang berdasarkan fakta dijamin konstitusi.

“Tindakan tidak terpuji ini pengarah kepada pelanggaran HAM, sebab penyampaian pendapat di umum di jamin oleh UU RI dan Deklarasi Universal PBB tahun 1945,” ucap Douw.

“Dan bisa mengatakan negara Indonesia dengan sengaja menutupi ruang demokrasi di Tanah Papua,” imbuhnya.

Tatkala itu, disebutkan setidaknya ada dua mahasiswa yang luka-luka sebab tindakan represif aparat.

Dua orang itu meliputi mahasiswa dari Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) yakni David Goo dan Mahasiswa Universitas Cendrawasih Yebet Tegei. Keduanya dinyatakan mengalami luka-luka parah pada bagian kepala.

Namun, polisi sendiri membantah. Kapolres Jayapura yakni AKBP Victor D Mackbon mengatakan bahwa polisi tidak menangkap para peserta aksi. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Massa Dibubarkan Saat Gelar Aksi Demo Tolak DOB Papua

“Tidak ada yang ditangkap. Semuanya pulang dengan sukacita sampai di rumah masing,” ujar Victor.

Victor juga membantah terkait adanya mahasiswa yang terluka sebab telah dipukul polisi. Dia mengatakan sejumlah foto beredar di mana tampak menyatakan ada mahasiswa luka-luka buntut terkena pukulan merupakan salah satu hoaks atau berita palsu.

“Foto-foto yang beredar itu kami pastikan adalah hoaks, itu hoaks. Itu foto 2022, 2021, 2020 kalau tidak salah. Foto (aksi) sebelumnya,” tuturnya.

Adapun selain menolak terkait dengan pembentukan DOB, massa aksi juga menolak otonomi khusus (otsus) jilid II serta menuntut adanya aktivis Papua Victor Yeimo dibebaskan dari penjara tanpa syarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.