PBB Beri Desakan ke Rusia Akhiri Perang di Ukraina

PBB Beri Desakan ke Rusia Akhiri Perang di Ukraina

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yakni Antonio Guterres mendesak agar Rusia dapat segera mengakhiri perang yang tengah berlangsung di Ukraina pasca melakukan dua bulan invasi militer.

Hal itu ia ungkap langsung dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB yang diselenggarakan di Amerika Serikat pada Kamis, 5 Mei 2022. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Invasi Rusia ke Ukraina merupakan pelanggaran integritas teritorial dan piagam PBB. Itu harus diakhiri demi rakyat Ukraina, Rusia, dan seluruh dunia,” ujar Guterres melansir AFP dan CNN.

Tidak hanya Guterres, mayoritas dari negara anggota Dewan Keamanan PBB juga sempat menyerukan agar Rusia bisa mengakhiri perang tersebut. Mereka merupakan China, Amerika Serikat, Irlandia, Prancis dan Meksiko.

Daftar Organisasi di Bawah PBB dan Fungsinya

Pentolan PBB itu juga menyampaikan bahwa perlu adanya solusi damai untuk kedua negara tersebut.

Senada, Norwegia dan Meksiko juga mendukung terkait dengan upaya Sekjen PBB itu soal tawaran jasa dalam mencari solusi untuk jalan damai.

Duta Besar asal Ukraina untuk PBB yaitu Sergiy Kyslytsa juga buka suara. “Setiap kesempatan harus digunakan untuk mencapai perdamaian,” kata Kyslytsa.

Sementara itu, Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun sempat menegaskan bahwa hanya diplomasi yang akan mengakhiri atas adanya pertempuran. Ia juga mengkritik terkait adanya pengiriman senjata ke Ukraina.

Namun, seruan tersebut belum pasti akan menjadi salah satu pernyataan bersama dengan Dewan Keamanan PBB.

Wakil Duta Besar Rusia yakni Dmitry Polyanskiy menyatakan bahwa ‘masih ada waktu’ ketika ditanya terkait apakah Moskow menyetujui adanya seruan tersebut atau tidak.

Ukraina sendiri kini masih berada dalam gempuran Rusia usai Presiden Vladimir Putin melancarkan invasi yang berlangsung sejak 24 Februari lalu. Hari-hari setelah itu, ledakan hingga pertempuran terus terjadi.

Kini, Rusia tengah mengintensifkan serangan yang berada di Timur Ukraina. Mereka bahkan disebut akan menggempur besar-besaran negara tetangganya itu di mana sebelum tanggal 9 Mei. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Di tanggal itu pula, Putin dilaporkan bahwa akan mengumumkan perang di mana secara resmi. Hal ini kemungkinan akan membuat Kremlin mengerahkan seluruh kekuatan termasuk dengan para pasukan cadangan hingga wajib militer.

Tanggal 9 Mei sendiri merupakan Hari Kemenangan Rusia dalam memperingati keberhasilan mereka kala melawan Jerman pada saat Perang Dunia II.

Leave a Reply

Your email address will not be published.