Menkes Pastikan Vaksin Kanker Serviks Jadi Vaksin yang Wajib dan Gratis

Menkes Pastikan Vaksin Kanker Serviks Jadi Vaksin yang Wajib dan Gratis

Masyarakat Indonesia akan segera menerima vaksinĀ kanker yaitu vaksin untuk kanker serviks di mulai 2023. Vaksin kanker serviks akan menjadi vaksin wajib di Indonesia. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Menteri Kesehatan yakni Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemberian vaksin tersebut sepenuhnya gratis sebab sudah dibiayai oleh negara.

“Semua yang dari program pemerintah tidak usah bayar, jadi gitu,” ungkap Budi melansir CNN, pada Selasa, 19 April 2022.

Ketersediaan Vaksin Lebih Sedikit dari Jumlah Target, Siapa Lebih Dulu  Diberikan? Halaman all - Kompas.com

Dia juga sempat mengungkapkan bahwa terkait dengan vaksin kanker serviks jadi salah satu vaksin yang wajib di Indonesia.

Pemberian vaksin ini menurut Budi sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2021 lalu. Hanya saja vaksin kanker serviks ini baru diberikan untuk di sejumlah wilayah saja.

Vaksin ini yang juga nantinya akan segera diberikan ke masyarakat untuk di segala usia, terutama mereka yang sudah memasuki usia dewasa muda.

Dalam kesempatan tersebut, Budi menjelaskan bahwa pemberian vaksin kanker serviks maupun jenis vaksin HPV ini adalah salah satu tindakan preventif dan promotif yang akan dilakukan pemerintah. Mengingat, sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, kanker juga menjadi jenis penyakit yang cukup mahal terutama dari segi pengobatan.

Oleh sebab itu, tindakan pencegahan dengan cara melakukan vaksinasi diharapkan dapat menekan biaya pengobatan kanker dengan cara mencegah seseorang terkena penyakit ini.

“Jadi vaksinasi itu kan sifatnya mencegah, bukan mengobati orang sakit. Kan kita nanti akan lebih banyak (vaksin) bukan HPV aja kan dan beberapa vaksin lainnya,” jelas dia

Vaksin kanker serviks jadi vaksin wajib di Indonesia sebagai salah satu bagian dari adanya pencegahan penularan kanker serviks.

Pemberian vaksin ini berguna untuk dapat mencegah kanker serviks. Human Papilloma virus (HPV) penyebab dari adanya kanker serviks terhadap perempuan juga bisa memiliki efek buruk buat pria.

“Selain menyebabkan kanker serviks pada perempuan, virus HPV (virus penyebab kanker serviks) juga bisa menyebabkan penyakit kulit dan kelamin pada laki-laki,” kata Andrijono, dikutip dari Antara.

HPV bisa menular ke pria melalui adanya hubungan intim bersama pasangannya yang tengah menderita kanker serviks. Untuk dapat mencegah penularan dan peningkatan terkait dengan jumlah penderita, vaksin kanker serviks menjadi vaksin wajib yang ada di Indonesia mulai 2023. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.