Marc Marquez Alami Diplopia Usai Terjatuh di MotoGP Mandalika, Kondisi Apa Itu?

Marc Marquez Alami Diplopia Usai Terjatuh di MotoGP Mandalika, Kondisi Apa Itu?

Marc Marquez, seperti yang kita ketahui pembalap dari MotoGP tim Repsol Honda telah mengumumkan bahwa dirinya mengalami masalah terkait dengan mata ketika sampai di Spanyol pada Senin 21 Maret 2022 kemarin. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Sebelumnya, Marquez yang kala itu juga sempat mengalami gegar otak pasca terjatuh pada saat sesi pemanasan MotoGP yang berlangsung di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Marc Marquez saat konferensi pers jelang MotoGP Mandalika (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP)

Melansir laman resmi MotoGP, pada Selasa 22 Maret 2022 Marc Marquez yang diketahui langsung memeriksakan diri menuju ke Hospital Clinic de Barcelona yang kala itu sudah ditangani oleh dokter mata yakni Dr Sanchez Dalmau.

Setelah adanya serangkaian pemeriksaan, ia akhirnya didiagnosis mengalami diplopia yang dimana juga pernah dideritanya pada bulan November tahun lalu.

“Sepertinya saya sedang mengalami deja vu… Selama dalam perjalanan kembali menuju ke Spanyol, saya mulai merasakan tidak nyaman dengan penglihatan mata saya, jadi saya memutuskan agar dapat mengunjungi Dr Sanchez Dalmau, dia yang menyampaikan bahwa saya telah mengalami diplopia lagi,” tulis Marc Marquez dalam akun Twitter miliknya.

Kendati dengan kondisinya yang sudah membaik, Marquez dipastikan masih membutuhkan observasi maupun dengan istirahat yang cukup untuk dapat memulihkan kondisi kesehatannya.

Sebenarnya, apa itu penyakit diplopia yang sedang dialami Marc Marquez?

Mengutip Web MD, pada Senin 30 Maret 2020 diplopia merupakan istilah dari medis yang dimana terjadi ketika mata melihat dua bayangan dalam satu objek yang terbilang sama.

Pada umumnya dalam penglihatan ganda atau dengan diplopia ini bersifat untuk sementara, tetapi dapat juga dalam mengindikasikan adanya permasalahan bagi kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk segera dapat memeriksakan diri ke dokter apabila diketahui sedang mengalami diplopia.

Penyebab dari diplopia sendiri dapat disebabkan oleh masalah pada saraf, otak, ataupun dengan adanya kerusakan yang terjadi pada lensa mata. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Adapun untuk gejala diplopia yang sudah diderita oleh Marc Marquez layaknya berupa: Salah satu atau kedua mata tidak dapat sejajar seperti pada mata juling, terasa sakit apabila sedang menggerakkan mata, timbul rasa sakit pada sekitar mata seperti di pelipis maupun dengan alis, sakit kepala, mual kelemahan di area mata sampai pada area lainnya, hingga dengan adanya kelopak mata yang turun.

Melansir Cleveland Clinic pada Selasa 22 Maret 2022, tidak ada cara khusus agar dapat mencegah Anda mengalami penglihatan ganda maupun dengan diplopia. Namun dengan merawat mata yang baik hingga rutin dalam melakukan pemeriksaan mata adalah salah satu cara terbaik dalam menjaga kondisinya.

Kalian perlu melakukan berbagai hal termasuk seperti : Menghindari merokok, istirahatkan mata langsung dari paparan layar gadget maupun elektronik seperti pada televisi, gunakan kacamata yang sesuai dalam semua pekerjaan, olahraga, sampai dengan aktivitas lainnya, dan jangan lupa lakukan pemeriksaan mata setiap satu hingga dengan dua tahun sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published.