Laporan Untuk KPAI : Anak-Anak Rusun Marunda Korban Polusi Abu Batu Bara

Laporan Untuk KPAI : Anak-Anak Rusun Marunda Korban Polusi Abu Batu Bara

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yakni Retno Listyarti, meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dapat menyelesaikan terkait persoalan pencemaran abu batu bara yang berlokasi di Rusun Marunda, Jakarta Utara. Permainan slot itu layaknya mencari kesenangan. Dapatkan sensasi nya lewat permainan yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Retno yang pada saat itu mengaku mendapat informasi dari Anggota DPRD DKI Jakarta, yaitu Jhonny Simanjuntak bahwa adanya terkait pencemaran yang berdampak pada kesehatan warga terutama anak-anak, mulai timbulnya masalah pernafasan (ISPA), gatal-gatal pada kulit, maupun ruang bermain anak yang penuh dengan abu batu bara.

Gelombang Penghindaran Pajak dalam Pusaran Batu Bara - Katadata.co.id

Ia pun juga mengaku sudah melakukan pengawasan terkait satuan pendidikan yang lokasinya terdekat dengan berlangsungnya aktivitas pengolahan gunungan batu bara, yakni di sekolah satu atap yang terdiri dari SDN Marunda 05, SMPN 290 hingga SLB Negeri 08 Jakarta Utara pada hari Kamis 10 Maret 2022.

Gunungan dari batu bara, ucap dia, dan dapat disaksikan dengan sangat jelas dari lantai 4 SMPN 290 Jakarta itu.

“Para guru maupun Kepala Sekolah dari 3 satuan pendidikan tersebut mengakui bahwa adanya abu batu bara yang sangat mengganggu aktivitas di sekolah. Debu di lantai harus selalu disapu dan di pel sedikitnya 4 kali selama aktivitas PTM berlangsung dari pukul 6.30 hingga 13.00 WIB karena adanya sistem shift ketika PTM,” tutur Retno dalam keterangannya yang dilansir pada Senin 14 Maret 2022.

Pada hari Jumat 11 Maret 2022, KPAI yang pada saat itu didampingi oleh Jhonny dalam rangka menemui warga yang sudah tergabung dalam forum warga Marunda.

Ia yang mengatakan secara umum warga menyampaikan bahwa dampak pencemaran mulai dirasakannya di tahun 2018 sampai sekarang. Menurutnya, semakin hari pencemaran tersebut semakin memburuk dan dapat memengaruhi kesehatan warga yang juga termasuk anak-anak.

“Selain penyakit pernafasan yang kerap juga dialami oleh warga, sekarang juga ada penyakit kulit yang membuat gatal di sekujur tubuh dan kerap dialami warga, bahkan anak-anak pun kerap terbangun di malam hari karena rasa gatal dapat yang menyerang sekujur tubuh,” ujarnya.

Pada hari ini, Senin 14 Maret 2022, forum warga Marunda diketahui sedaang melakukan aksi di depan Balai Kota Jakarta. Dilansir dari keterangan tertulis, mereka yang sedang menuntut pemerintah untuk mengevaluasi dan memberikan sanksi terhadap Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda yang dinilai sudah lalai dan dalam melakukan pembiaran atas segala yang sudah terjadi di Pelabuhan Marunda sehingga banyak menimbulkan dampak pencemaran hingga kini.

KPAI Desak Pemprov DKI Jakarta Lindungi Anak-Anak Rusun Marunda dari  Pencemaran Abu Batu Bara - Tepas.id

“Evaluasi konsesi dari PT. Karya Citra Nusantara (KCN) yang sudah lalai, tidak taat maupun sengaja tidak melakukan perbaikan sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan hidup di lingkungan kami,” mengutip dari rilis.

Aksi yang dilakukan di Balai Kota Jakarta tak lama mereka lakukan, kini warga melakukan aksinya juga di Kantor Kementerian Perhubungan.

Mengutip CNN, tim nya yang sempat menghubungi langsung Corporate Secretary PT Karya Citra Nusantara, Bella Mardiana, agar dapat mengklarifikasi terkait pencemaran abu batu bara yang terjadi, namun sayang hal tersebut belum mendapat respons. 

Sementara itu hal lainnya dari Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan yang mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengeluarkan pernyataan soal masalah tersebut. Permainan slot itu layaknya mencari kesenangan. Dapatkan sensasi nya lewat permainan yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Nanti ada rilis dari Suku Dinas di Jakarta Utara,”¬†imbuhnya ketika dihubungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.