Korut Tunjuk Menteri Luar Negeri Perempuan Pertama

Korut Tunjuk Menteri Luar Negeri Perempuan Pertama

Korea Utara dilaporkan telah menunjuk diplomat senior yakni Choe Son-hui sebagai menteri luar negeri (menlu) perempuan pertama di negara itu. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Ia ditunjuk menjadi menlu kala rapat partai berkuasa berlangsung, layaknya seperti Partai Buruh Korea (WPK), demikian berdasarkan laporan media Korut pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Sebelum menjabat Menlu Korut, Choe sendiri merupakan wakil menlu. Kini, ia menggantikan posisi dari sang pendahulunya, yaitu Ri Son-gwon.

Korut Tunjuk Menteri Luar Negeri Perempuan Pertama

Dunia diplomasi bukan hal yang terbilang asing bagi Choe. Ia setidaknya pernah menjadi ajudan dekat pemimpin Korut Kim Jong-un kala masa pembicaraan nuklir bersama Amerika Serikat.

Perempuan itu juga sempat menemani Kim ketika pertemuan puncak bersama dengan eks presiden AS, yakni Donald Trump.

Pada pertemuan puncak kedua, Choe yang diketahui menggelar konferensi pers serta tanya jawab usai AS dan Korut gagal dalam mencapai kesepakatan pada Februari 2019 lalu. Ia menyalahkan Washington atas kegagalan tersebut.

“Saya kira Amerika Serikat telah melewatkan kesempatan emas dengan menolak proposal kami,” kata Choe ketika itu.

Sejak kala itu, pembicaraan terkait nuklir antara Pyongyang dan Washington pun tampak terhenti. Kim juga tak menanggapi mengenai tawaran negosiasi AS yang telah berkali-kali diajukan. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Korut tetap meningkatkan program dalam pengembangan untuk nuklirnya. Pyongyang bahkan berkali-kali dilaporkan kerap melakukan uji coba rudal selama 2022.

Melihat Korut di mana semakin intensif terkait mengembangkan program nuklir, Amerika Serikat dan Korea Selatan tampak begitu khawatir. Mereka mewanti-wanti bila Pyongyang kembali dalam melakukan tes misil tersebut, terutama pada rudal antar benua, setidaknya akan ada tanggapan cepat dan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.