Khofifah Perintahkan Bupati Ponorogo Cari Dokumen Reog Seni Asli RI

Khofifah Perintahkan Bupati Ponorogo Cari Dokumen Reog Seni Asli RI

Gubernur Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa mengaku kaget setelah mendengar kabar dari Malaysia di mana mengklaim dan mendaftarkan Reog Ponorogo ke UNESCO. Menurutnya Reog merupakan kesenian asli asal Ponorogo, tepatnya Jatim. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Khofifah menyampaikan bahwa ia pertama kali mendengar kabar langsung itu melalui Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yakni Muhadjir Effendy.

REOG PONOROGO, PESONA BUDAYA YANG MENGESANKAN – Catatan Dari Hati

“Sudah 5 hari yang lalu, sejak sudah terkonfirmasi dari Pak Prof Muhadjir bahwa ada salah satu negara tetangga kita yang akan segera mengajukan itu ke UNESCO. Ya rodok kaget sih sakjane (agak kaget sebenarnya),” ungkap Khofifah melansir CNN, di Surabaya, pada Jumat, 8 April 2022.

Khofifah pun langsung memerintah Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko untuk dapat segera mengumpulkan dokumen saintifik mengenai kesenian Reog Ponorogo.

Dokumen itu, menurut Khofifah akan diajukan langsung ke Unesco, sebagai adanya bukti bahwa Reog Ponorogo, itu benar-benar berasal dari bumi Jatim dan Indonesia.

“Saya meminta kepada Bupati Ponorogo untuk bisa mencari dokumen-dokumen yang secara saintifik itu bisa dalam meyakinkan Unesco. Bahwa Reog ini memanglah asli produk dari seniman budayawan Ponorogo,” ujarnya.

Dokumen itu, kata dia, juga akan dapat menunjukkan bahwa sejarah lahirnya kesenian Reog di Ponorogo. Dokumen itu juga memiliki isi dari testimoni bagi para budayawan dan masyarakat yang menguatkan bahwa kesenian itu memang telah berasal dari Indonesia.

“Dokumen-dokumen yang dapat menunjukkan baik itu dari sisi history-nya, kemudian juga dokumen penguat bahwa memang Reog Ponorogo itu terlahir berasal dari seniman budayawan di Ponorogo. Ini yang masih harus segera dikuatkan,” imbuhnya.

“Dari sisi kesejarahan antara apa yang sudah bisa diberikan bagi testimoni oleh seluruh masyarakat dan juga dengan dokumen-dokumen inilah yang memang harus untuk dilengkapi,” jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yakni Muhadjir Effendy memastikan bahwa terkait dengan kesenian Reog Ponorogo sudah diajukan oleh pemerintah ke UNESCO sebagai adanya warisan budaya tak benda milik dari Indonesia pada tanggal 18 Februari 2022 lalu.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala lagi karena dalam persyaratan yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sudah sangat cukup untuk dipenuhi (kriterianya) oleh Reog,” ucap Muhadjir melalui keterangan resminya yang diterbitkan oleh Kemenko PMK, pada Kamis, 7 April 2022.

Muhadjir sendiri mengklaim bahwa belum dapat mengecek lebih jauh mengenai klaim Malaysia atas Reog Ponorogo. Baginya, mengklaim suatu budaya sebetulnya tidak salah dan mengenai hal ini juga masing-masing negara boleh mengajukan.

Ia menilai bahwa suatu budaya tidak harus konfrontatif. Baginya, bisa saja sejumlah kesenian dapat diklaim oleh beberapa negara apabila budaya itu diketahui telah menyebar imbas perpindahan penduduk. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.