Kemenhub Jelaskan Strategi Atasi Macet Mudik di Pelabuhan Merak

Kemenhub Jelaskan Strategi Atasi Macet Mudik di Pelabuhan Merak

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Polri tengah menyiapkan berbagai strategi lalu lintas untuk dapat menghadapi arus mudik dan balik dari Jabodetabek yang menuju ke Pelabuhan Merak hingga Sumatera. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Pilihan terpahit juga telah disiapkan, yakni dengan cara menutup Gerbang Tol (GT) Cikupa, hingga Tangerang, untuk bisa mengurangi kepadatan yang ada di jalan sekitar Pelabuhan Merak.

PPKM Darurat! Syarat Penyebrangan Merak-Bakauheni Diperketat

“Skema-skema itu sudah kita lakukan sampai nanti ada penutupan yang dilakukan di entrance tol sekitar Cikupa, untuk tidak bisa cepat masuk menuju ke dermaga (Pelabuhan Merak) ini,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub yakni Budi Setyadi melansir CNN, pada Kamis, 7 April 2022.

Khusus untuk sepeda motor dari Pelabuhan Merak ataupun Bakauheni, PT ASDP Indonesia Ferry di mana akan mengelompokkan. Kendaraan roda dua tersebut akan dimasukkan ke dalam satu kapal yang khusus dan juga sudah disiapkan.

Kemudian, pada saat puncak arus mudik, kapal dari Pelabuhan Merak hanya akan mengangkut kendaraan dan juga penumpang yang di mana selanjutnya diturunkan langsung di Pelabuhan Bakauheni. Hal itu dilakukan agar dapat mengurangi kepadatan yang ada di sekitar Pelabuhan Merak.

“Kemudian terkait dengan operasi kapal pada saat arus mudik berlangsung, operasinya adalah dengan cara mengambil saja di Merak kemudian akan langsung mengantarkan menuju ke Bakauheuni. Tapi di Bakauheuni hanya akan turun saja, tidak untuk mengangkut lagi penumpang maupun kendaraan sehingga kecepatan pelayanan akan dengan mudah berjalan cepat,” ujarnya.

Selanjutnya, Kemenhub sendiri mendesak PT Astra Infra Toll Road agar segera menyelesaikan pembangunan yang ada di Jembatan Ciujung untuk ruas Tol Tangerang-Merak sebab bisa menyebabkan kemacetan yang panjang hingga mengganggu arus lalu lintas dari kendaraan.

Pemerintah pusat sendiri sudah memberikan maklumat terhadap pengelola tol agar H-10 Idulfitri arus lalu lintas harus dapat lancar dan tidak ada kendala.

“Yang sedang kami antisipasi berikutnya menyangkut adanya masalah terkait perbaikan di jalan tol Astra Tol, di KM 57 dan sudah dapat disampaikan bahwa itu bisa untuk segera diselesaikan. Mudah-mudahan apa yang sudah disampaikan oleh Pak Menteri PUPR, kalau untuk 10 hari sebelum lebaran tidak ada lagi pekerjaan yang ada di jalan tol,” tambahnya. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.