Jokowi Pakai Baju Adat Ende Kala Pimpin Upacara Hari Pancasila

Jokowi Pakai Baju Adat Ende Kala Pimpin Upacara Hari Pancasila

Presiden Jokowi dilaporkan memimpin upacara Hari Pancasila di Ende dengan mengenakan pakaian adat khas Ende. Baju adat ini dikenal sebagai Ragi Lambu-Luka Lesu. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Tak lepas dengan memakai kemeja putih kebanggaannya, Jokowi memakai kain tenun yang tampak diselempangkan pada bahu sisi kanannya. Dia juga memakai kain berwarna hitam dengan memiliki motif garis kuning serta biru sebagai bagian kain bawahan.

Pada bahu sebelah kirinya, Jokowi juga tampak memakai selempang anyam dengan memiliki tulisan ‘Jokowi Ende.’

Pimpin Upacara Harlah Pancasila, Jokowi Pakai Pakaian Adat Ende |  kumparan.com

Sebagai pelengkap baju adat, dia juga terlihat menggunakan ikat kepala di mana berbentuk meruncing dengan memiliki warna oranye. Di lehernya juga tergantung sebuah kalung lingkaran yang tempak besar.

Senada bersama dengan Jokowi, Iriana yang kala itu mendampingi Jokowi juga tampak memakai baju kurung putih yang telah dilengkapi dengan sarung hingga selendang khas Ende. 

Ragi Lambu-Luka Lesu merupakan salah satu baju adat pria di Ende, tepatnya NTT, layaknya seperti yang dipakai Jokowi kala memimpin upacara Hari Pancasila, pada Rabu, 1 Juni 2022.

Melansir CNN, ragi sendiri mempunyai arti sarung, sedangkan lambu yang berarti baju. Ragi atau sarung terdiri atas dua tipe, yakni ragi sura merupakan sarung dengan memiliki motif garis vertikal, serta ragi sura rembe atau mbao adalah sarung bercirikan garis horisontal.

Ragi yang dipakai oleh seseorang menunjukkan terkait status dan kedudukan milik seseorang. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Pimpin Upacara Hari Pancasila, Jokowi Pakai Baju Adat Ende -  Kuponindonesia.com: Berita Terbaru Akurat dan Terpercaya

Sebagai bagian dari pelengkap baju adat, ragi juga dilengkapi menggunakan luka atau selendang dan juga lesu (destar).

Luka maupun selendang itu dipakai secara menyilang dan dibuat dari bahan yang berasal dari sarung di mana dipakai oleh wanita. Sedangkan lesu disebut juga sebagai ikat kepala.

Jokowi diketahui berkunjung ke Ende, NTT serta memimpin upacara Hari Pancasila di kota tersebut. 

“Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati hari lahir pancasila di Kota Ende NTT. Di Kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno, proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila,” ucapnya dalam pidato upacara. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.