Jokowi Beserta Para Gubernur Gelar Ritual Kendi Nusantara di IKN Hari Ini

Jokowi Beserta Para Gubernur Gelar Ritual Kendi Nusantara di IKN Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menjalani ritual adat bersama dengan 34 gubernur di lokasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada hari ini, Senin 14 Maret 2022. Permainan slot itu layaknya mencari kesenangan. Dapatkan sensasi nya lewat permainan yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Ritual yang sudah disebutkan ialah Kendi Nusantara, yang akan dilakukan dengan membawa tanah dan air dari seluruh provinsi. Tanah dan air itu yang nantinya akan dituangkan ke dalam sebuah wadah besar.

Penampakan Lokasi Berkemah Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara

Mengutip CNN, pada Jumat 11 Maret 2022, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyampaikan bahwa, “Para gubernur akan membawa satu liter untuk air yang berasal dari daerahnya masing-masing”.

Menteri Koordinator dari Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD yang mengungkapkan bahwa tanah dan air yang akan dibawa oleh para gubernur menuju ke IKN Nusantara ini yang melambangkan akan kesatuan dan keberagaman Indonesia.

“Inilah tanah, air kita. Indonesia, Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbolik apa yang muncul dari itu? Keberagaman,” ujar Mahfud dalam keterangan resminya, pada Minggu 13 Maret 2022.

Mahfud juga mengatakan bahwa ada dua kilogram tanah dan satu liter air yang akan dibawa oleh masing-masing gubernur lalu dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara. Tanah dan air itu yang akan mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi nya.

“Dari Bengkulu, Papua Barat, Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, hingga Aceh, semua akan berkumpul di sana,” imbuh Mahfud.

Mahfud juga menyampaikan bahwa terkait prosesi ini akan menjadi salah satu cerita yang sangat menarik dalam 100 tahun mendatang.

“Bagaimana kita berupacara melalui dengan adat, kenegaraan maupun keagamaan, digabung di situ, agar masuk ke ibu kota baru,” tambah nya.

Jokowi Berkemah di IKN Pekan Depan, Gubernur Se-Indonesia Bawa Air dan  Tanah serta Kenakan Pakaian Adat Halaman all - Kompas.com

Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) Heru Budi Santoso yang mengungkapkan bahwa untuk prosesi Kendi Nusantara yang sekaligus adalah panjatan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar program pemindahan IKN dapat berjalan dengan lancar.

“Supaya program besar ini bisa dapat berjalan dengan baik dan semua elemen masyarakat dapat mendukung. Prosesinya merupakan para gubernur yang membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah dimana sudah diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal maupun budaya masing-masing,” ucap Heru dalam konferensi pers yang dilakukan, pada Minggu 13 Maret 2022.

Presiden Jokowi bersama dengan seluruh elemen gubernur akan berkunjung ke IKN Nusantara pada hari ini. Jokowi dipastikan akan berkemah pada titik nol yang menjadi lokasi pembangunan Istana Negara.

Sejumlah gubernur yang sudah mengonfirmasi membawa tanah dan air dari daerahnya masing-masing. Seperti halnya Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, sampai dengan NTT.

Pasukan Pengaman Presiden atau PASPAMRES, yang sudah mempersiapkan berbagai kepentingan pengamanan, layaknya seperti antibisa hingga fogging, pada saat Presiden Joko Widodo berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) baru, Nusantara.

Jokowi Camping di Kawasan Hutan Tanaman IKN, Demokrat: Hat-hati Tertimpa  Pohon Roboh! | DEMOCRAZY News | Indonesian Political News

“Di sana juga kita dapat laksanakan pencegahan terkait malaria dan di-fogging. Lalu untuk keamanan lainnya ada di sekitaran tenda-tenda, terutama ada di sekitar VIP, dan kita sebarkan garam dan sebagainya agar antisipasi binatang melata,” ucap Komandan Paspampres, Mayjen Tri Budi Utomo, pada Minggu 13 Maret 2022.

Tri juga sempat menyampaikan bahwa, semua personel Paspampres yang nantinya akan bersiaga di ring 1 pengamanan. Pada lokasi pengamanan di ring 2 dan ring 3, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kodam Mulawarman hingga Polda Kaltim.

Ia juga dapat memastikan terkait protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19 bagi personel Paspampres agar tetap diterapkan untuk menjaga terkait kesehatan presiden. Permainan slot itu layaknya mencari kesenangan. Dapatkan sensasi nya lewat permainan yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Jokowi Berkemah di IKN, 2.064 Personel Pengamanan Disiagakan

“Semua personel yang masuk ke IKN wajib dengan melalui swab, jadi prokes yang akan tetap kita lakukan. Meski tempatnya sendiri berada di sekitaran hutan, tapi itu juga jadi protap,” ujar dia.

Pada tempat yang sama, Pangdam Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso juga menuturkan bahwa, pihaknya akan mengerahkan 2.064 pasukan gabungan terkait dengan adanya penjagaan yang dilakukan selama kunjungan Jokowi ke IKN.

“Kami juga sudah gelar pasukan. Jumlah untuk keseluruhan 2.064 orang dari TNI, kepolisian, hingga pemda. Kegiatan pada besok pagi kami gelar pasukan, mulai dari Hotel Novotel sampai adanya kegiatan di IKN,” imbuh Teguh.

Teguh yang pada saat itu juga memastikan bahwa semua kemungkinan sudah diantisipasi, mulai dari saat keberangkatan sampai nanti tiba di lokasi. Ia mengatakan, yang saat ini juga rawan perubahan cuaca di lokasi yang berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.