Jokowi Bertolak ke Ukraina: Niat Kami Baik, Semoga Dimudahkan

Jokowi Bertolak ke Ukraina: Niat Kami Baik, Semoga Dimudahkan

Presiden Joko Widodo berharap terkait misinya mendorong perdamaian bisa berbuah hasil kala bertemu langsung dengan Presiden Volodymyr Zelensky di Kyiv, tepatnya Ukraina, pada Rabu, 29 Juni 2022.

Saat ini, Jokowi bersama dengan para rombongan masih dalam perjalanan dari Polandia menuju Ibu Kota Ukraina tersebut dalam menggunakan kereta khusus. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, pukul sembilan malam, saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kyiv, Ukraina,” kata Jokowi melalui kicauan di Twitter.

Membawa Misi Perdamaian ke Ukraina, Jokowi: Semoga Dimudahkan

“Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan,” paparnya menambahkan.

Jokowi beserta para rombongan diketahui tengah menempuh perjalanan kereta selama 12 jam dari Polandia menuju ke Ibu Kota Kyiv. Mereka diperkirakan akan segera sampai di Kyiv pada Rabu pagi waktu setempat.

Salah satu tujuan Jokowi dalam mengadakan pertemuan bersama Zelensky merupakan untuk mendorong perdamaian di tengah perang di mana terus berkecamuk antara Ukraina dan Rusia.

“Kunjungan presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah, dan terus mendorong spirit perdamaian,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam jumpa pers virtual pekan lalu.

Retno juga sempat menyoroti fakta bahwa Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang telah melawat ke Ukraina dan Rusia kala di tengah perang berlangsung ini. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

AS bahkan sempat mengancam bahwa tak akan menghadiri rangkaian pertemuan G20 apabila ada Rusia. Melalui sejumlah rapat di AS, beberapa negara Barat juga sempat menunjukkan protes dengan cara walk out.

Jokowi Berangkat ke Ukraina: Niat Kami Baik, Semoga Dimudahkan

Presiden AS, yakni Joe Biden, sontak mendesak Indonesia guna dapat mengajak Ukraina ke KTT G20 apabila memang tetap ingin mengundang Rusia.

Di sisi lain, Jokowi sendiri juga sempat berkomunikasi langsung bersama Zelensky. Melalui perbincangan itu, Jokowi diketahui juga mengundang Zelensky agar dapat menghadiri KTT G20.

Pasca melawat ke Ukraina, Jokowi juga akan bertolak menuju ke Rusia dalam rangka bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moskow.

Agenda yang dibawa langsung oleh Jokowi ke Rusia pun sama yakni merupakan dorongan dialog untuk segera damai antara Moskow dengan Kyiv.

Leave a Reply

Your email address will not be published.