Harga Gandum Melambung Tinggi Imbas Perang Rusia dan Ukraina

Harga Gandum Melambung Tinggi Imbas Perang Rusia dan Ukraina

Dalam 14 tahun terakhir harga gandum melambung tinggi imbas adanya perang antara Rusia dan Ukraina. Hal tersebut mengancam terhambatnya pasokan komoditas.

Pada hari Senin tanggal 7 Maret 2022, Gandum yang berasal dari Chicago memiliki jangka kenaikan lebih dari 6,6 persen yang menjadi US$12,53 per gantang.

Dalam sepekan terakhir ini, gandum sudah mengalami kenaikan yang dapat dihitung lebih dari 40 persen. Kenaikan tersebut yang akhirnya memecahkan rekor terbesar dalam sejarah dimana kenaikan terjadi perminggu nya.

Gawat! Perang Rusia-Ukraina Bisa Bikin Harga Minyak & Gandum Melambung

Bagi negara Rusia maupun Ukraina sendiri masing-masing menyumbang sekitar 29 persen dari ekspor gandum global dan 19 persen dari ekspor jagung. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Sejak Rusia melakukan serangan pertamanya ke Ukraina pada tanggal 24 Februari lalu, informasi terkait dari beragam harga komoditas pun ikut melonjak.

Ada informasi terkait harga jagung yang naik 2,7 persen menjadi US$7,75 per gantang. Selain itu, tentang harga kedelai yang juga naik 2,1 persen menjadi US$16,95 per gantang. Jagung dan kedelai sendiri berada di kisaran tertinggi yang sudah lama terjadi semenjak September 2012.

Mengutip Reuters, pada Selasa tanggal 8 Maret 2022, seorang pedagang di Eropa menuturkan bahwa, “Sampai pertempuran di Ukraina berakhir, tidak berharap lebih bahwa ekspor gandum dan jagung dari Ukraina dan Rusia dapat dilanjutkan”.

5 Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia - Bisnis Liputan6.com

Dari informasi yang beredar, terkait pelabuhan Ukraina yang masih ditutup dan produsen enggan memperdagangkan gandum Rusia setelah adanya sanksi Barat, sehingga pembeli mencari untuk pemasok alternatif. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Terkait permintaan ekspor gandum dari Uni Eropa dipastikan mengalami kelonjakan pada pekan lalu dan diperkirakan dapat terus meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.