Hakim Tolak Praperadilan MAKI Terkait Mafia Minyak Goreng

Hakim Tolak Praperadilan MAKI Terkait Mafia Minyak Goreng

Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yakni Dewa Ketut Kartana, menolak terkait gugatan praperadilan dari Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) terhadap Menteri Perdagangan (Mendag), yaitu Muhammad Luthfi, mengenai kelangkaan minyak goreng. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

“Mengadili, menolak permohonan para pemohon Praperadilan,” ungkap hakim Dewa saat membacakan amar putusan di PN Jakarta Pusat melansir CNN, pada Senin, 25 April 2022.

Hakim menilai permohonan MAKI prematur sebab belum ada penyelidikan atau penyidikan yang dapat dilakukan bagi pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Kasus Mafia Minyak Goreng 'Menguap', MAKI Gugat Praperadilan Mendag Lutfi

Pihak Kemendag sendiri diketahui hanya sebatas berujar bahwa tersangka akan diumumkan dalam waktu yang dekat ini, namun belum ada proses hukum yang bisa dijalankan.

“Permohonan para pemohon mengajukan Praperadilan sangat prematur. Oleh karena itu, permohonan para pemohon haruslah ditolak,” terang hakim.

Sebelumnya, MAKI mengajukan Praperadilan terhadap kebijakan penghentian penyidikan terkait dengan mafia minyak goreng. MAKI mencantumkan Menteri Perdagangan yakni Muhammad Luthfi serta Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan sebagai salah satu termohon.

Gugatan tersebut diajukan langsung ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Praperadilan tersebut diketahui terdaftar pada Kamis, 31 April 2022 dengan nomor 5/Pid.Pra/2022/PN Jkt.Pst.

MAKI meminta bahwa pengadilan untuk dapat memerintahkan termohon dalam melanjutkan penyelidikan mafia minyak goreng. Mereka ingin bahwa dugaan mafia minyak goreng diusut sesuai adanya perundang-undangan.

Tatkala itu, MAKI juga menginginkan ada penetapan tersangka di dalam kasus kelangkaan minyak goreng tersebut. MAKI memohon kepada pengadilan untuk bisa memerintahkan Mendag dan Kemendag dalam mengumumkan tersangka dari penimbunan minyak goreng. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.