Dianggap Tak Menghormati Islam, Taliban Tangkap Model Afghanistan

Dianggap Tak Menghormati Islam, Taliban Tangkap Model Afghanistan

Rezim Taliban┬ádilaporkan telah menangkap seorang model terkenal Afghanistan┬áserta tiga rekannya sebab dinilai tak menghormati Islam dan Al-Qur’an. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Ajmal Haqiqi, pria yang dikenal sebagai bagian dari peragaan busananya sekaligus YouTuber atas acara model terlihat diborgol melalui video yang diunggah di Twitter oleh badan intelijen Taliban sejak Selasa, 7 Juni 2022.

Berdasarkan satu video yang beredar luas sampai viral kontroversial, Haqiqi tampak tertawa ketika rekannya Ghulam Sakhi, di mana dikenal memiliki gangguan bicara, membacakan sejumlah ayat-ayat AL-Qur’an dalam bahasa Arab melalui suara yang terdengar lucu.

Dituding Hina Islam dan Al-Qur'an, Taliban Tangkap Model Terkenal  Afghanistan

Pasca penangkapan, Taliban sendiri merilis video Haqiqi beserta rekan-rekannya, terlihat berdiri dengan seragam penjara di mana berwarna coklat muda dan meminta maaf terhadap pemerintah Taliban dan para ulama.

Video itu diunggah dengan kicauan melalui bahasa Dari yang tampak mengatakan: “Tidak ada yang diizinkan untuk menghina ayat-ayat Al-Qur’an atau ucapan Nabi Muhammad.”

Amnesty International juga sempat merilis sebuah pernyataan mendesak Taliban untuk “segera dan tanpa syarat” dalam membebaskan Haqiqi maupun rekan-rekannya. Sambil asik baca berita, ayo dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Amnesty sudah mendokumentasikan sejumlah penahanan sewenang-wenang yang dilakukan oleh Taliban di Afghanistan, kerap disertai dengan pernyataan paksa dalam upaya guna untuk meredam perbedaan pendapat di negara itu.

Samira Hamidi, selaku juru kampanye Amnesty International di Asia Selatan, mengecam terkait tindakan penangkapan tersebut dan mengatakan bahwa dengan cara menahan Haqiqi serta rekan-rekannya hingga memaksa mereka untuk segera meminta maaf” sama saja telah merampas kebebasan berekspresi.

Ajmal Haqiqi, Model Afghanistan Ditangkap Taliban - Surya Digital Media  Televisi

Taliban yang kini telah melakukan “serangan terang-terangan terhadap hak kebebasan berekspresi.

“Kami juga mengutuk penyensoran berkelanjutan Taliban terhadap mereka yang ingin bebas mengekspresikan ide-ide mereka,” ucap Hamidi melansir Associated Press.

Di Kabul, sejumlah pejabat Taliban tampak tidak segera menanggapi permintaan komentar dan tidak jelas tindakan apa yang tengah dihadapi oleh Haqiqi dan rekan-rekannya di bawah sistem peradilan dari kelompok tersebut.

Keluarga Haqiqi sendiri juga tidak bisa segera dihubungi guna dapat dimintai komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.