Banjir di Banjar Kalsel Meluas, 72 Desa yang Tersebar di 5 Kecamatan Terendam

Banjir di Banjar Kalsel Meluas, 72 Desa yang Tersebar di 5 Kecamatan Terendam

Banjir yang sedang melanda di Kabupaten Banjar, tepatnya di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menurut informasi mulai meluas. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Jika pada sebelumnya banjir hanya dapat menggenangi 3 kecamatan, hingga kini meluas yang menuju ke dua kecamatan lainnya.

Akibatnya, dampak dari ribuan rumah yang tersebar pada 72 desa di lima kecamatan kini sudah terendam banjir.

Kepala dari Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Banjar, yakni Ahmad Solhan yang sempat menyampaikan bahwa, terkait dengan adanya status siaga darurat sudah mulai ditetapkan.

Salah satu titik banjir di Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kalsel, yang terendam banjir setinggi 60 sentimeter, Senin (21/3/2022).

“Untuk pada saat ini Kabupaten dari Banjar sudah ditetapkan sebagai status siaga darurat,” ucap Ahmad Solhan melansir laman resmi Kompas, pada Rabu 23 Maret 2022.

Berdasarkan data yang sudah dimiliki oleh BPBD Banjar, rumah yang telah terendam diperkirakan sudah sebanyak 3.933 unit.

Tidak hanya merendam bagian rumah warga saja, banjir yang terlihat juga merendam fasilitas umum layaknya sekolah, masjid, sampai dengan kantor polisi.

“Sementara itu untuk jumlah total jiwa yang juga sempat terdampak itu sudah sebanyak 1017 orang,” tuturnya.

Banjir yang menurut Solhan dimana dapat disebabkan oleh tingginya dari curah hujan yang sudah turun dalam sepekan terakhir yang berada di Kabupaten Banjar maupun sekitarnya.

Hal tersebut semakin diperparah dengan meluapnya Sungai dari Martapura yang tak mampu menampung debit air. Solhan pun kala itu juga membantah jika banjir kali ini disebabkan oleh aktivitas dari pertambangan.

Banjir Kalsel, Netizen Teriak Tolong Bantu Korban

“Karena bagian dari hulu pada Kabupaten Banjar tidak ada terjadi oleh hujan, artinya tidak mungkin juga karena faktor dari tambang,” tambahnya.

Sebelumnya yang sempat diberitakan, banjir yang merendam ratusan rumah di Kabupaten Banjar akibat dari tingginya curah hujan.

Kebanyakan dari rumah yang sudah terendam berada pada bantaran Sungai Martapura. Ketinggian air sendiri bervariasi, mulai dari 30 sampai dengan 60 sentimeter. Dapatkan sensasi nya lewat permainan slot yang seru jikalau menang menjadikan itu keberuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.